-->

KAMU SUKA KOPI??? BACA MANFAATNYA!


Kopi merupakan minuman yang umum disukai oleh masyarakat Indonesia. Kopi biasanya dihidangkan saat pagi hari atau sore hari. Saat pagi hari, kopi sangat pas dinikmati untuk memulai hari, ditambah udara dingin pagi hari dihantam hangatnya kopi akan membuat semangat akan meningkat. Di sore hari, setelah kita menjalani hari yang melelahkan paling pas jika kita menikmati kopi untuk melepas lelah dan penat. 

Kopi seringkali dihidangkan dengan berbagai campuran, seperti madu, latte maupun yang sederhana adalah dicampur gula. Kopi yang dikonsumsi masyarakat pun beragam mulai dari kopi pabrikan yang dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah ke bawah hingga kopi ala cafe untuk para masyarakat kelas menengah ke atas. 

Dibalik hitamnya kopi dan aromanya yang khas, ternyata ada segudang manfaat dan khasiat dari mengonsumsi kopi. Apa saja manfaatnya? Mas Jange akan memberikan manfaat dan khasiat dari kopi.

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak


Kafein merupakan salah satu kandungan yang ada dalam kopi. Kopi oleh masyarakat dipercaya bisa bikin melek orang-orang yang mempunyai banyak tugas lemburan. Kopi ternyata bisa meningkatkan fungsi kognitif otak. Sebuah penelitian oleh French National Institute for Health and Medical Research menunjukkan bahwa konsumsi kopi setidaknya 3 cangkir per hari atau sekitar 300 mg kafein per hari berhubungan dengan melambatnya penurunan kemampuan kognitif pada wanita. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kafein dapat membantu menjaga kemampuan mental dan memori lebih tajam dalam jangka waktu yang lebih lama pada orang tua.

Kopi mempunyai efek perlindungan terhadap penurunan fungsi kognitif, terutama pada orang yang lebih tua. Namun, perlu diperhatikan seberapa banyak kebiasaan konsumsi kopi Anda setiap hari. Ingat, walaupun kopi mempunyai dampak yang menguntungkan bagi Anda dalam segi kognitif maupun performa bekerja, namun konsumsi kopi berlebihan juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami berbagai penyakit, seperti insomnia, tremor otot, gangguan perut, detak jantung lebih cepat, dan sebagainya. Baiknya, batasi konsumsi kopi Anda setiap hari tidak lebih dari 3 cangkir kopi per hari.

2. Menjauhkan dari Parkinson

Parkinson merupakan degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran.

Haydeh Payami dari New York State Department of Health dalam World Parkinson Congress di Glasgow, Skotlandia melakukan penelitian mengenai alasan kopi bisa menurukan penyakit parkinson. Dalam penelitiannya itu, berhasil ditemukan gen yang disebut GRIN2A. GRIN2A dikaitkan dengan glutamat, suatu senyawa yang diduga membunuh sel-sel otak yang mati pada pasien Parkinson. Glutamat dapat diserang oleh senyawa lain yang disebut adenosin, dan kopi dapat mengganggu proses ini.

3.Mencegah Gigi Berlubang


Penelitian dari Universitas Boston menemukan bahwa minum kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan gigi. Menurut penelitian ini, minum kopi dapat membantu melindungi Anda dari penyakit periodontal seperti peradangan gusi dan tulang rahang. 

Berdasarkan hasil survei terhadap 1.000 pria berusia hingga 30 tahun, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang minum satu cangkir kopi atau lebih setiap harinya, lebih sedikit mengalami gangguan pada gigi, seperti penyakit periodontal. Periodontal merupakan jaringan yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangga gigi. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi akibat bakteri yang menempel pada gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi menjadi goyang atau tidak kuat. Kemudian berakibat pada copotnya gigi Anda. Para peneliti menemukan bahwa meminum kopi bisa  menghentikan perkembangan bakteri-mengumpul di gigi. Mereka meyakini, kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah penumpukan plak pada permukaan gigi.

Nah, sebenarnya masih banyak manfaat dari kopi, namun Mas Jange hanya bisa memberikan 3 manfaat saja dari kopi. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun kopi harus dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Ingat! sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai tuntas, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman.

0 Response to "KAMU SUKA KOPI??? BACA MANFAATNYA!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 2