-->

4 Kuliner Nusantara Ini, Ternyata Mahal Di Luar Negeri!!!


Berbicara mengenai kuliner Nusantara, memang tak akan ada habisnya. Apalagi bagi pecinta kuliner, pasti memiliki seribu referensi mengenai kuliner nusantara. Mulai dari kuliner kaki lima hingga kuliner kelas restoran. Kuliner Nusantara memang sudah mulai terdengar namanya di luar negeri. Bahkan, ada bule yang membuat sebuah lagu mengenai kuliner Indonesia.

Namun, dibalik nama kuliner Indonesia yang terdengar di luar negeri, masih ada sebagian orang yang meremehkan kuliner Indonesia. Kita harus mencintai kuliner Indonesia agar anak cucu kita kelak bisa menikmati sedapnya kuliner Nusantara. Jangan sampai kuliner kita tidak ada yang meneruskannya ke generasi berikutnya.

Tahukah teman teman-teman kalau kuliner Nusantara memiliki harga yang cukup melejit jika dibandingkan dengan harga di tanah air? Mas Jange telah merangkum 4 makanan Nusantara yang memiliki harga yang cukup merogoh kocek bagi kita-kita yang memiliki uang jajanan yang pas-pasan. Apa saja makanan-makanan itu?

1. Gorengan

Gorengan di Indonesia ada banyak. Ada gorengan bakwan, gorengan tahu, gorengan tempe, gorengan isu politik, dan gorengan-gorengan lainnya. Gorengan di Indonesia seperti yang kita tahu harganya pas untuk kalangan menengah ke bawah. Tapi, gorengan di Belanda ternyata memiliki harga yang cukup fantastis. Jika di Indonesia, kita bisa mendapatkan satu macam gorengan hanya dengan uang seribu rupiah, lain halnya dengan di Belanda, harga satu pisang goreng bisa mencapai 5 euro atau Rp 83.450,00. Wow... harga satu pisang goreng di Belanda bisa untuk biaya makan 3 hari untuk anak kos.

2. Pecel Lele

Kuliner yang kerap dijual di pinggir-pinggir jalan ini, memang memiliki cita rasa yang enak. Makanan yang disajikan dengan lalapan dan sambal ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Harga pecel lele di tanah air berkisar delapan ribu hingga sepuluh ribuan, namun berbeda dengan di swiss harganya mencapai 15 euro atau sekitar 250 ribuan rupiah. Wow... mending beli di Indonesia aja ya teman-teman!!!

3. Sate Ayam

Makanan ini memiliki banyak penggemar di tanah air Indonesia. Kuliner yang biasanya disajikan dan disantap dengan lontong ini memang memiliki cita rasa yang memuaskan lidah. Sate ayam merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang biasa dijual dengan kisaran harga puluhan sampai belasan ribu rupiah. Tidak hanya di Indonesia, ternyata warga Jerman juga gemar dengan kuliner yang satu ini. Tapi, bedanya satu porsi sate di sana bisa dibandrol dengan harga 10 Euro atau sekitar Rp. 150.000.

4. Nasi Goreng

Siapa sih yang tak kenal nasi goreng? Kuliner yang berbahan dasar sederhana ini sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Di Indonesia sepiring olahan nasi yang digoreng dengan bumbu lengkap dengan telur dan suiran daging ayam sudah bisa dinikmati cukup dengan merogoh kocek Rp 10.000. Berbeda dengan tarif yang dijajakan di Indonesia, harga seporsi nasi goreng di Amerika Serikat bisa mencapai USD 10 atau sekitar Rp 110.000 loh..

Nah, hanya itu saja Kuliner Nusantara Yang Mahal di Luar Negeri yang bisa Mas Jange berikan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi teman-teman. Jangan lupa share agar artikel ini bisa dibaca oleh orang lain dan semua orang tahu artikel ini.

0 Response to "4 Kuliner Nusantara Ini, Ternyata Mahal Di Luar Negeri!!!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 2