-->

4 GOLONGAN MANUSIA DALAM KEHIDUPAN



Manusia di dunia memiliki beragam karakter dan sifat masing-masing. Ada yang mengatakan dari lahir ada juga yang mengatakan karena lingkungan. Cara pandang setiap orang pun berbeda-beda. Dengan cara pandang yang berbeda-beda itu manusia seringkali mengalami pertikaian ddian perpecahan. Perang saudara terjadi, padahal jika dipikirkan dengan hati yang tenang dan pikiran yang bersih semua itu tidak ada maknanya. Perang hanya memakan korban yang tak ikut campur. Perang hanya menghabiskan triliunan rupiah yang sepatutnya kita gunakan untuk menyejahterakan sesama manusia. Mungkin disini kita bisa menyantap hidangan yang lezat, namun di belahan dunia lain ada yang berjuang hanya untuk mencari se-ember air bersih. Nah, itu sekilas intermezo soal kehidupan.

Adanya cara pandang yang berbeda-beda menyebabkan manusia terbagi dalam 4 golongan. Golongan apa itu? yaitu golongan dalam bertingkah laku menjalani hidup. Golongan apa sajakah itu? Lalu siapa sajakan mereka? 

1. Ahli Dunia

Golongan ini adalah golongannya manusia-manusia yang suka mementingkan urusan dunia dibandingkan urusan akhirat. Padahal dunia adalah sesaat, sedangkan akhirat adalah kekal. Bagi mereka yang masuk golongan ini berprinsip "Yang Penting Dunia Enak, Akhirat Masa Bodo".
Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 200, Allah SWT berfirman,


فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا ۗ فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ 


yang berarti :
Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.

2. Golongan Yang Dunia dan Akhirat Seimbang

Golongan ini adalah mereka yang mementingkan urusan akhirat, namun tidak lupa juga dengan urusan dunia. Orang-orang yang masuk dalam golongan ini memiliki karir yang menanjak, namun juga menabung untuk kebahagiannya di akhirat. Mereka senantiasa menyeimbangkan antara dunia dan akhirat.
Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 201, Allah SWT berfirman,

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".


3. Golongan Yang Membawa Nama Islam Untuk Hal-Hal Dunia
Golongan ini adalah golongannya manusia-manusia yang mengejar kebahagiaan dunia dengan membawa label islam. Ucapan mereka mengenai dunia selalu menarik hati, namun dibalik itu sebenarnya mereka adalah penentang islam yang keras. Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 204 Allah SWT berfirman,

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يُعْجِبُكَ قَوْلُهُ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيُشْهِدُ اللَّهَ عَلَىٰ مَا فِي قَلْبِهِ وَهُوَ أَلَدُّ الْخِصَامِ

Artinya : Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya, padahal ia adalah penantang yang paling keras.

Dalam ayat selanjutnya Allah SWT berfirman, 

وَإِذَا تَوَلَّىٰ سَعَىٰ فِي الْأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الْفَسَادَ

Artinya : Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.

Lalu apa balasan kepada manusia-manusia yang termasuk golongan ini? Balasannya adalah neraka jahannam, seperti dalam Q.S Al-Baqarah ayat 206

وَإِذَا قِيلَ لَهُ اتَّقِ اللَّهَ أَخَذَتْهُ الْعِزَّةُ بِالْإِثْمِ ۚ فَحَسْبُهُ جَهَنَّمُ ۚ وَلَبِئْسَ الْمِهَادُ

Artinya : Dan apabila dikatakan kepadanya: "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya.

4. Golongan Orang Yang Mengorbankan Diri Untuk Mencari Ridha Allah SWT
Golongan ini merupakan golongan khusus. Mereka yang termasuk golongan ini rela mengorbankan segalanya, baik harta maupun nyawa untuk mencari keridhaan Allah SWT. Mereka yang termasuk golongan ini adalah para Nabi keturunannya, para Wali, dan para Ulama. Dalam Q.S AL-Baqarah ayat 207 Allah SWT berfirman,

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْرِي نَفْسَهُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ

Artinya : Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya.

Demikian, 4 golongan manusia dalam menghadapi kehidupan. Semoga kita senantiasa termasuk golongan yang kedua yaitu golongan orang-orang yang menyeimbangkan antara dunia dan akhirat. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisa menambah wawasan baru dan bisa bermanfaat.

2 Responses to "4 GOLONGAN MANUSIA DALAM KEHIDUPAN"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 2