-->

CEK WARNA URINMU APAKAH MENGIDAP INI?

Urin merupakan salah satu produk akhir dari organ ekskresi manusia,yakni ginjal. Ginjal berbentuk seperti kacang berwarna merah tua keunguan, berat, dan besarnya bervariasi. Besar ginjal bergantung pada jenis kelamin, umur, dan ada tidaknya ginjal pada sisi lain. Selain untuk mengeluarkan urin, ternyata ada fungsi lain dari ginjal.
Fungsi ginjal, antara lain :

  1. Pengeluaran zat sisa organik
  2. Pengeluaran zat racun
  3. Pengaturan keseimbangan konsentrasi ion-ion penting di dalam tubuh.
Bagaimana urin bisa terbentuk?

Urin terbentuk dalam ginjal setelah melalui tiga proses dasar, yaitu filtrasi glomerulus, reabsorpsi tubulus, dan augmentasi. Berikut adalah uraian dari tiga proses tersebut.

Perhatikan gambar ginjal berikut.
sumber : http://pn-baturaja.go.id

1.    Filtrasi glomerulus

Tahap pembentukan urin adalah filtrasi glomerulus. Filtrasi glomerulus adalah proses penyaringan plasma bebas protein melalui kapiler glomerulus ke dalam kapsul bowman. Proses filtrasi glomerulus menghasilkan produk yang disebut urin primer.

2.    Reabsorpsi tubulus

Reabsorpsi tubulus merupakan proses penyerapan kembali zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti glukosa, asam amino, nutrisi organik, air, dan garam mineral. Urin yang dihasilkan oleh proses reabsorpsi tubulus adalah urin sekunder.

3.    Augmentasi

Augmentasi adalah transpor aktif yang memindahkan zat-zat tertentu dari darah dalam kapiler peritubuler, keluar melewati sel-sel tubuler menuju ke cairan tubuler dan masuk ke dalam urin. Proses Augmentasi ini menghasilkan urin yang disebut dengan urin yang sesungguhnya.

Faktor-Faktor Apa Yang Bisa Memengaruhi Proses Pembentukan Urin?

Pembentukan urin dipengaruhi oleh dua faktor, yakni fakor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi : Hormon ADH, Hormon Insulin, dan Sistem Renin-Angiotensin-Aldosteron. Sedangkan, faktor eksternal meliputi, suhu lingkungan dan jumlah air yang diminum.

Bagaimana Urin Bisa Dijadikan Indikator Kesehatan?

Urine bisa dijadikan indikator kesehatan, melalui cek fisik urine terutama melalui warna urine karena warna urine sangat mudah dilihat dan diketahui. Cek warna urine teman-teman berdasarkan tabel acuan berikut.

Warna
Keterangan
Kuning
Normal
Hitam
·   Mengonsumsi tablet yang mengandung zat besi (ferri sulfat)
·   minum obat parkinson.
Biru
·   Mengonsumsi obat abtidepresi atau antibiotik
·   infeksi bakteri Pseudomonas pada saluran kemih
Cokelat
·   Gangguan fungsi ginjal
·   Mengonsumsi antibiotik
Kuning gelap (seperti teh)
·   Hepatitis fase akut
·   Kelebihan vitamin B2
·   Mengonsumsi antibiotik
Oranye-Merah
Dehidrasi, demam, mengonsumsi obat
Hijau
·   Infeksi bakteri
·   Kelebihan biliverdin
·   Mengonsumsi vitamin
Bening (tidak berwarna)
·   Terlalu banyak minum
·   Diabetes Insipidus
·   Minum alkohol
Putih seperti susu
·   Tumor jaringan limfa
·   Filariasis
Sumber : Buku Biologi Kelas XI Penerbit Erlangga

Tabel diatas hanyalah kemungkinan-kemungkinan penyakit atau kelainan yang terjadi. Apabila ada keragu-raguan mengenai tabel di atas, lebih baik teman-teman periksakan langsung ke dokter kepercayaan teman-teman.

Terima kasih telah membaca artikel sampai tuntas, semoga bisa menjawab pertanyaan “Apakah Urine bisa dijadikan Indikator Kesehatan?”. Jangan lupa untuk membaca artikel di bawah ini.


0 Response to "CEK WARNA URINMU APAKAH MENGIDAP INI?"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 2