-->

MENGENAL BILANGAN AJAIB PERTAMA MATEMATIKA

Selamat sore? Bagaimana kabarnya teman-teman? Baik? Tidak? Ya semuanya harus kita syukuri, karena jika kita mensyukuri nikmat yang Tuhan (Allah SWT) berikan, maka kita akan ditambahkan nikmat oleh Tuhan (Allah SWT). Nah, untuk sekedar informasi bahwa klinikpes6.blogspot.com telah berganti nama menjadi masjange.blogspot.com. Hal tersebut dikarenakan untuk mempertebal identitas yang saya miliki. Meskipun namanya sudah berubah menjadi masjange tidak lagi klinik pes6, saya tetap akan meng-update perkembangan dari game sejuta umat yaitu game pes 6. 
Nah, untuk postingan sore hari ini, saya akan membuat postingan mengenai bilangan ∏ (baca : pi).

Mungkin bilangan ∏ merupakan bilangan yang memulai kepala teman-teman pusing ketika berhadapan dengan mata pelajaran matematika. Bilangan ∏ juga merupakan bilangan ajaib yang pertama kali dikenal bahkan sejak Sekolah Dasar. Akan tetapi, tahukah teman-teman kalo bilangan ∏ itu butuh perjuangan untuk menemukannya dan menggunakannya secara universal sehingga bisa diterima untuk manusia seluruh dunia? Nah, oleh karena itu, saya membagikan fakta dan kisah menarik dari bilangan ∏ itu sendiri.

1. BILANGAN YANG TIADA UJUNGNYA

Bilangan pi ini merupakan bilangan irrasional yang tidak ada selesainya. Sudah banyak ilmuwan matematika yang berusaha mencari bilangan pi secara keseluruhan. Bahkan seoang ilmuwan yang bernama Ludolph van Ceulen (1540-1610) menghabiskan hidupnya mencoba untuk menghitung 35 digit Pi. Waduh... Tidak bosan juga ini ilmuwan. Sungguh ilmuwan yang sejati.Serangkaian angka yang ditemukan oleh Ludolph van Ceulen ini dikenal dengan angka Ludolphine yang sekarang juga terukir di batu nisannya.
Bilangan pi yang tiada ujungnya bahkan membutuhkan waktu 70 jam bagi computer ENIAC (Electronic Numeric Integrator and Computer) untuk menghitung 2.037 desimal Pi pada tahun 1949. Sedangkan sebuah super-komputer Hitachi SR 8000 memerlukan waktu lebih dari 400 jam untuk menghitung Pi sampai 1,24 triliun digit. Jika teman-teman mencetak satu miliar nilai desimal pi dalam font normal, maka panjangnya akan merentang dari New York City ke Kansas

2. Bilangan Pi memiliki hari lahir


Wow... bilangan pi memiliki hari lahir? kapan? baru tahu saya... mungkin itu kalimat yang terlintas dan benak dan pikiran teman-teman. Bilangan pi memiliki hari lahir pada 14 Maret. Kenapa tanggal 14 Maret dipilih sebagai hari lahir pi? Jawabannya simpel aja teman-teman. Tidak lain dan tidak bukan karena orang pada umumnya menulis tanggal 14 Maret menjadi 3/14 yang mirip dengan 3,14. Seperti yang telah kita tahu bahwa 3,14 merupakan bilangan 2 desimal  bilangan pi. Lalu sebenarnya bagaimana bilangan itu ada? Bilangan pi merupakan satuan panjang untuk keliling lingkaran satu satuan.Secara visual kita dapat memperoleh bilangan Pi dengan cara seperti ini: mula-mula gambarlah sebuah lingkaran dengan radius atau jari-jari sama dengan 1 (bisa 1 cm, 1dm, atau 1 m); maka panjang setengah lingkaran tersebut sama dengan 3,14159265 atau dikenal sebagai bilangan Pi. Bisa pula dengan membuat lingkaran dengan diameter atau garis tengah sama dengan 1; maka panjang lingkaran tersebut sama dengan Pi. Berapapun ukuran jari-jaringan lingkaran Anda, besar Pi tetap sama.

3. DERETAN BILANGAN YANG MISTERIUS

Tahukah teman-teman kalo di 31 digit pertama bilangan pi tidak ada angka 0? Ya memang begitulah kenyataannya. Kalo tidak percaya coba lihat sendiri dalam cuplikan sebagian kecil dari deretan bilangan pi.
"3.1415926535897932384626433832795028841971693993751058209749445923078164"
Tidak ada kan? ataukah ada? Coba lihat sekali lagi dengan mata yang jeli, seteliti mata elang. Lalu jumlahkan 144 digit pertama dari bilangan pi, maka teman-teman akan menjumpai hasil 666 yang sering dikait-kaitkan dengan simbol setan,iblis, dan sebagainya.

Nah, cukup 3 fakta saja yang bisa saya berikan kepada teman-teman semua. Semoga postingan ini bisa menambah wawasan baru untuk teman-teman semua. Semua fakta-fakta menarik mengenai bilangan pi, cukup hanya sebagai tambahan wawasan saja, jangan sampai merubah karakter diri kita sendiri. Demikian dari saya, apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.

0 Response to "MENGENAL BILANGAN AJAIB PERTAMA MATEMATIKA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 2