-->

KENAPA SIH KALO DICUBIT SAKIT?


Selamat sore teman-teman semua? Bagaimana kabarnya hari ini? Baik? Tidak? Ya, anggap saja baik lah ya. hehehe... Dalam kehidupan manusia pasti selalu terjadi suatu hukum yang dinamakan hukum sebab-akibat. Jika teman-teman melakukan sesuatu, maka akan terjadi sesuatu karena perbuatan teman-teman yang tadi lakukan. Paham kan? Oke, kalo belum paham biar saya jelaskan lagi. Misalnya, teman-teman melakukan suatu kegiatan maka kegiatan itu disebut dengan sebab. Kemudian, nanti akan timbul kejadian atau kegiatan yang disebabkan oleh sebab tadi. Contoh sederhananya adalah efek domino. Nah gitu, paham kan? Oke, good next...
Menurut hukum sebab-akibat dalam kehidupan ada pepatah "jika tidak ingin dicubit ya jangan mencubit". Kenapa jangan mencubit? Karena dicubit itu sakit. Apa iya sih kalo dicubit sakit? Coba sekarang teman-teman pegan pelan-pelan kulit masing-masing kemudian cubit sekarang! sakit kan? Lalu kenapa sih kalo kita dicubit kita akan merasakan sakit? Mungkin itu pertanyaan yang kadang tidak terpikirkan oleh kita, namun jika memikirkan pertanyaan tersebut, maka akan memikirkan pertanyaan tersebut berulang kali.


Sebelumnya, kita harus mengenal terlebih dahulu bagian-bagian kulit kita. Kulit merupakan jaringan pelindung tubuh kita yang sekaligus menjadi organ ekskresi tubuh kita yakni untuk mengeluarkan keringat. Kulit kita sendiri terbagi menjadi 3 lapisan yaitu :
1. Epidermis
2. Lapisan Dermis
3. Lapisan Subkutis
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut :


1. EPIDERMIS
Epidermis merupakan lapisan pertama dan terluar dari kulit kita. Epidermis terdiri dari dua sel, yaitu sel keratinosit, sel melanosit , dan sel langerhans. Sel keratinosit ini menghasilkan protein keratin yang merupakan komponen penyusun utama dari epidermis yang terus tumbuh dan mengelupas. Sel melanosit menghasilkan pigmen pada kulit kita. Sedangkan sel Langerhans merupakan sel pertahanan bagi kulit kita. Sel ini akan memperingati imun saat terkena virus atau hal-hal yang menyebabkan infeksi.

2. LAPISAN DERMIS
Lapisan dermis ini berfungsi sebagai pengelastis dan penguat kulit. Lapisan dermis tersusun dari pembuluh darah, folikel, dan kelenjar. Pembuluh darah berfungsi sebagai pengatur suhu, jaringan syaraf yang ada dalam kulitakan mengirimkan respon ke otak saat kulit terkena sentuhan, panas, maupun sakit. Kelenjar keringat pada kulit berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh melalui pengeluaran air keringat.

3. LAPISAN SUBKUTIS
Pada lapisan ini berfungsi sebagai penahan panas dalam tubuh dan melindungi organ-organ penting dalam tubuh. Lapisan subkutis didalamnya terdapat lemak yang berguna sebagai cadangan energi. Jika lapisan ini rusak, maka kulit teman-teman akan menjadi kendor.

Dari uraian lapisan-lapisan kulit yang ada didalam tubuh kita, kita bisa mengetahui kenapa sih kalo dicubit kita merasa sakit? Seperti uraian di atas, dalam kulit kita ada 3 lapisan yaitu epidermis,lapisan epidermis dan lapisan subkutis. Nah, pada lapisan dermis terdapat jaringan-jaringan syaraf yang akan mengirimkan respon ke otak saat kulit terkena sentuhan, panas, maupun sakit. Saat kulit kita dicubit makan jaringan-jaringan syaraf tersebut lah yang bekerja yakni mengirimkan respon ke otak kita kalo kulit kita dicubit dan mengirimkan perintah kepada kita untuk merasakan sakit. Hal ini juga terjadi tidak hanya kepada rangsangan sakit, tetapi juga dengan rangsangan panas maupun dingin.  Coba teman-teman tempelkan es batu di kulit kita. Apa yang teman-teman rasakan? Normalnya, kulit teman-teman akan merasakan dingin, jika tidak maka teman-teman patut waspada harus periksakan ke dokter. Hal ini dapat terjadi juga karena adanya jaringan-jaringan syaraf yang ada di lapisan dermis kulit kita tadi. Jaringan-jaringan syaraf tersebut mengirimkan respon kepada otak kita yang memerintahkan kita untuk merasakan sesuatu.
Demikian, artikel ini semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman "kenapa sih kalo dicubit sakit?"  Terima kasih telah membaca sampai akhir dan ingatlah untuk terus membaca karena membaca adalah jembatan ilmu.

0 Response to "KENAPA SIH KALO DICUBIT SAKIT?"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 2